Hari Raya Santa Perawan Maria diangkat ke Surga,16 Agustus 2019

Why 12: 1-6 + 1Kor 15: 20-26 + Luk 1: 39-56


Lectio

Pada waktu itu berkatalah Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus.  Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia.  Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya; Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa; Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya."

 
Meditatio

Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku. Maria merasakan sukacita dan bahagia. Hatinya penuh kasih dan kegembiraan. Maria merasakan kegembiraan, karena Tuhan Allah, Sang Penyelamatnya memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Maria sadar, bahwa mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia. Banyak orang akan memuji bahagia dirinya. Maria sadar akan semuanya itu, yang terjadi karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus.

Sebagai seorang beriman, Maria yakin bahwa rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. Tuhan akan melimpahkan sukacita, sebagaimana dialaminya itu, juga kepada orang-orang lain, yakni mereka yang taat dan takut akan Dia. Tuhan akan memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya. Namun Tuhan Allah tidak segan-segan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya. Orang sombong akan diruntuhkannya dan diporak-porandakan. Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya, dan meninggikan orang-orang yang rendah. Allah selalu memberi pengharapan, bahwa segala yang baik akan terjadi pada orang-orang yang percaya kepadaNya. Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa. Dia menjungkir-balikkan segalanya, terlebih mereka yang merasa mapan akan dirinya dan tidak mau tahu terhadap orang lain. Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya. Inilah iman Maria, dan harus menjadi iman kita.

Segala yang indah dan mulia yang dimiliki Maria inilah yang mengkondisikan dirinya boleh menikmati sukacita abadi di surga. Gereja yakin sang ibu Tuhan telah menikmati kemuliaan surgawi, yang memang semuanya terjadi hanya karena Yesus Kristus sang Puteranya. 'Kristus sebagai buah sulung', Dialah Anak Manusia yang pertama kali masuk dalam kemuliaan surgawi, karena kematian dan kebangkitannya dari alam maut, maka demikian juga 'mereka yang menjadi milik-Nya, tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya' (1Kor 15: 23). Karena Kristus sang Putera, Maria sang ibu Tuhan adalah orang pertama dari antara kita, yang terangkat ke surga penuh kemuliaan.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, kehadiranMu selalu membawa berkat dan sukacita bagi setiap orang. Kiranya kami yang sudah menikmati berkat anugerahMu inipun mampu menjadi pembawa sukacita bagi setiap orang yang kami jumpai, terlebih menjadi saluran berkat bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan kami.

Santa Maria, doakanlah kami. Amin

 

Contemplatio

Pertama, 'jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku'. Hanya Tuhan Allah yang membuat sukacita dengan sempurna.

Kedua, ibu Tuhanku, yakni Maria, mengunjungi aku. Sebuah pengakuan iman.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017