Pesta santo Bartolomeus, 24 Agustus 2020

Why 21: 9-14 + Mzm 145 + Yoh 1: 45-51

 

 

Lectio

Suatu hari Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret." Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

 

Lectio

Siapakah santo Bartolomeus itu? Injil Yohanes menyebut dia Natanael, sedangkan Injil Sinoptik menyebut Bartolomeus, dan selalu disandingkan dengan Filipus.

Bartolemus adalah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya. Dialah salah seorang yang akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia. Yesus sendiri yang mengatakan hal ini. Semuanya itu terjadi karena belaskasih Tuhan, yang mahakasih, dan juga iman Bartolomeus yang memang perlu dibanggakan. Dia kaget dan kagum ternyata Mesias, yang ternyata dari Nazaret itu sungguh-sungguh ada, dan mampu mengenal seseorang yang belum pernah dilihatNya. 'Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara'. Kata-kata inilah yang menggetarkan hati Bartolomeus. Sungguh benarlah apa yang disenandungkan Mazmur 139: 'Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN'.

'Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!'. Kata-kata iman inilah yang akhirnya terlontar dari Bartolomeus. Dirinya merasa dibuat tak berkutik oleh Orang Nazaret itu.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau bangga terhadap Bartolomeus. Engkau mengenal setiap orang, karena memang kami semua adalah milikMu. Semoga kami merasakan sungguh-sungguh perhatian dan kasihMu yang menyelamatkan kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'engkau seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya'. Engkau seorang Pancasilais sejati.

Kedua, 'engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'. Semoga kita juga diijinkanNya.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita