Pesta Santo Laurentius. 10 Agustus 2020

2Kor 9: 6-10 + Mzm 112 + Yoh 12: 24-26

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus berkata: 'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

 

Meditatio

'Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada', tegas Yesus. Inilah tuntuan Yesus bagi setiap orang yang percaya kepadaNya. Kalau Yesus rela memanggul salib, maka setiap orang yang percaya kepadaNya harus siap 'tidak mencintai nyawanya di dunia ini, agar beroleh hidup yang kekal'. Orang dapat beroleh hidup kekal di mana Yesus sendiri meraja dalam KerajaanNya. Yesus tidak hanya menuntut tetapi memberikan pengharapan yang penuh sukacita. Yesus tidak memanjakan seorang pun, tetapi benar-benar mengajaknya menikmati hidup ini dengan penuh pengharapan dan sukacita.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengundang setiap orang mengikuti Engkau. Namun Engkau tidak memanjakan mereka. Engkau mengajak setiap orang, tetapi mereka tetap Engkau minta untuk berani berjuang dan berjuang mengikutiMu. Semoaga kami yang percaya kepadaMu, kedapatan setia sampai akhir hidup.

Santo Laurentius, doaknalahlah kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada'. Ada selalu bersama Yesus.

Kedua, 'barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, akan beroleh hidup yang kekal'. Hidup kekal hanya dengan mengutamakan Yesus.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017