Jumat Pekan Biasa XXIII, 11 September 2020

1Kor 9: 16-13 + Mzm 84 + Luk 6: 39-42

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus mengatakan pula suatu perumpamaan kepada mereka: "Dapatkah orang buta menuntun orang buta? Bukankah keduanya akan jatuh ke dalam lobang? Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya. Mengapakah engkau melihat selumbar di dalam mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu sendiri tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Saudara, biarlah aku mengeluarkan selumbar yang ada di dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

 

Meditatio

'Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya'. Penegasan Yesus mengingatkan sungguh, betapa sang Guru kita ini memberi peluang untuk menjadi sama dengan Dia. Bukankah Yesus kemarin malah menantang kita semua menjadi murah hati seperti Bapa di surge? Bisakah kita sama dengan sang Guru? Bagi Tuhan tidak ada yang musrahil, demikian juga bagi setiap orang yang percaya kepadaNya. Yesus sendiri menghendaki. Selama kita terus mau belajar dari sang Guru, kita akan sama serupa denganNya. Belajar daripadaNya berarti mendengarkan pengajaranNya, dan melakukannya.

Orang yang sudah sama dengan Guru, minimal mengenal Guru, dan Guru mengenalnya, sebagaimana kita renungkan kemarin, dia tidak akan bersikap munafik. Dia tidak akan mudah berkata-kata yang melihat selumbar di mata saudara. Malah sebaliknya, di akan dengan rela menuntun sesamanya agar bersama-sama mengenal Allah.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memberi kesempatan kepada setiap orang untuk mengenal Engkau. Engkau memberi peluang, karena Engkau menaruh belaskasih terhadap umatMu. Semoga kami menikmati peluang itu dengan penuh bakti, karena kami ingin seperti Engkau. Amin.

 

Contemplatio

'Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya'.  







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017