Jumat Pekan Biasa XXIV, 18 September 2020

1Kor 15: 12-20 + Mzm 17 + Luk 8: 1-3

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

 

Meditatio

Beberapa perempuan mengikuti karya pelayanan Yesus. Aneh tapi nyata. Yesus membuat wacana baru dalam karya pewartaan di jamanNya. Perempuan ambil bagian dalam karya pemuridan dan pewartaan, minimal melibatkan mereka dalam memberikan kekayaan yang mereka miliki.

Mungkin bukan hal baru bagi kita sekarang, karena memang sering didengung-dengungkan, walau belum tanpak proporsional hasilnya. Pertama, sekarang ini sudah banyak kaum perempuan ambil-bagian dalam karya pelayanan, baik dalam menggereja maupun bermasyarakat. Kedua, masih banyak orang yang membedakan dan memisahkan laki-laki dan perempuan. Dalam peribadatan, laki-laki dan perempuan membedakan dan menempatkan diri dalam posisi yang terpisah, entah itu perihal tempat duduk ataupun peran pelayanan. Demikian juga dalam realitas sosial, peran perempuan masih seringkali dinomerduakan; kamu perempuan masih disebut konco wingking atau par di jabu.

Akhirnya memang kaum perempuan sendiri harus berani maju dalam menempatkan diri bersama-sama dengan mereka yang sama-sama diciptakan sesuai dengan gambar Allah, yang adalah saudara dan saudari Yesus, karena melaksanakan sabda dan kehendakNya. Semua kiranya berani dilakukan secara bertahap, walau harus berhadapan dengan tradisionalitas.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengajak setiap orang ambil bagian dalam karya penyelamataMu secara aktif. Engkau memang tidak memanjakan orang-orang yang Engkau kasihi. Engkau malah mengajak mereka memanggul salib kehidupan ini. Semoga kami pun berani berjuang sebagaimana kehendakMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Untuk itulah Dia datang.

Kedua, kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan. Terjadilah padaku menurut perkataanMu.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita