Kamis Pekan Biasa XXV, 24 September 2020

Pengk 1: 2-11 + Mzm 90 + Luk 9: 7-9

 

 

Lectio

Suatu hari Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan ia pun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit. Tetapi Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

 

Meditatio

Herodes gelisah dengan kehadiran Yesus. 'Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?', komentar Herodes, dan akhirnya ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus. Apakah dia lupa bahwa akan ada seorang Raja yang baru dilahirkan, sebagaimana pertanyaan orang-orang Majus: 'di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu. Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia?' (Mat 2: 2). Dia semakin cepat gelisah, karena telah memenggal kepala Yohanes Pembaptis.

Herodes ingin bertemu dengan Yesus, tetapi bukan karena kerinduan. Apakah karena kegelisahan? Kemarahan? Keinginan itu seperti tidak terjawabkan. Hanya saja pada waktu penderaan, Yesus dibawa menghadap Herodes, dan ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang. Sebab sudah lama ia ingin melihat-Nya, karena ia sering mendengar tentang Dia, lagipula ia mengharapkan melihat bagaimana Yesus mengadakan suatu tanda. Ia mengajukan banyak pertanyaan kepada Yesus, tetapi Yesus tidak memberi jawaban apa pun (Luk 23).

Doa kita pun juga akan melayang ke sana kemari bila memang tidak disertai kerinduan hati.

 

Oratio

Yesus Kristus, kami bersyukur kepadaMu, karena Engkau selalu memperhatikan kami. Semoga perhatian dan kasihMu itu membuat kami semakin merindukan Engkau dalam setiap karya dan pelayanan kami. Amin.

 

Contemplatio

'Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu. Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia?'. Kerinduan adalah akar doa.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita