Pesta Kelahiran Santa Perawan Maria, 8 September 2020

Rm 8: 28-30 + Mzm 13 + Mat 1: 18-23

 

 

Lectio

          Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" -- yang berarti: Allah menyertai kita.

 

Meditatio

Semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya; yang ditentukan dipanggil-Nya, yang dipanggil dibenarkan-Nya; dan akhirnya yang dibenarkan dimuliakan-Nya (Rm 4). Inilah rentetan orang-orang yang menikmati belaskasihNya, sebagaimana yang dipahami oleh santo Paulus. Orang pertama yang menikmati semuanya itu adalah santa Perawan Maria. Karena itu, Gereja tidak segan-segan mengenang dan merayakan hidup Maria, yang memang dikandung tanpa dosa. Maria dipilihNya dari semula. Dia dilahirkan di tengah-tengah umatNya, dan kita rayakan hari ini. Dia menerima kabar gembira, dan dia siap menerimaNya dan menjadikan dia bunda Tuhan. Dia pun mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel. Akhirnya Maria terangkat ke surge, sebab dia yang dipilihNya semenjak semula, dia pula dimuliakanNya.

Apakah kita orng-orang yang dipilihNya? Kita orang-orang yang dipilihNya. Bukan kamu yang memilih Aku, melainkan Akulah yang memilih kamu, tegas Yesus sendiri. Yakinlah yang dipilih semenjak semula, dia pula dimuliakanNya. Tentunya kita kita nikmati keterpilihan ini, bukan seperti kaum Farisi dan bangsa Israel, bukan seperti para penggarap kebin anggur atau pun gadis-gadis bodoh. Kita nikmati keterpilihan kita sebagai saudara dan saudari Yesus sendiri.

 

Oratio

Yesus Kristus, kelahiran bundaMu, Maria, sudah mulai menjawabi nibuat para nabi akan hadirnya seorang perawan yang akan mengandung dan melahirkan Imanuel, Engkau sendiri. Semoga kesetian Maria dalam mendengarkan, Engkau juga temukan dalam diri kami, sehingga pada akhirnya kami menikmati kemuliaan bersamaMu di surge.

Ya Maria, bunda kami yang terpilih, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

 'Seorang perempuan akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel'. Perempuan itu Maria.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017