Pesta Salib Suci, 14 September 2020

Bil 21: 4-9 + Fil 2: 6-11 + Yoh 3: 13-17

.

 

Lectio

Pada waktu itu berkatalah Yesus: 'tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal'.

 

Meditatio

'Sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan', tegas Yesus. Kapan Anak Manusia ditinggikan? Ketika Dia bergantung di kayu salib. Kematian Yesus di salib, bukanlah peristiwa yang harus ditangisi, sebab pada saat itulah Dia menjadi tebusan bagi banyak orang. Bagi banyak orang, karena semua orang, tanpa terkecuali, dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih. Banyak orang yang bertindak seperti penggarap-penggarap kebun anggur. Berkat kematianNya di kayu salib, semua orang dimungkinkan menikmati keselamatan abadi.

Sebagaimana setiap orang Israel, yang terpagut ular, memandang ular tetap hidup (Bil 21), demikian juga 'setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal'. Setiap orang harus berani memandang ular, demikian juga setiap orang harus berani memandang Yesus Kristus. Karena Yesus Keristus, salib yang dahulu adalah lambang penghinaan dan hukuman keji, kini berkat Yesus Kristus, salib adalah tanda kemenangan dan kemuliaan.

Berikut lagu pujian sederhana terhadap Salib Suci Mulia:

   Sungguh mulya panji raja

   Salib suci bercahaya

   Padamu pencipta kita

   Dipaku tidak berdaya.

Padamu Kristus beradu

Lambung ditikam serdadu

Mengalirkan air darah

Mencuci dosa yang parah.

Salam altar salam kurban

Sebab padamu pahlawan

Mengalami kematian

Yang membawa kehidupan.

Tritunggal sumber selamat

Dipuji seluruh umat

Yang ditebus darah suci

Mohon slalu diberkati. Amin

 

Oratio

Yesus Kristus, dengan salibMu, Engkau menyelamatkan umat manusia. Engkau mau ditinggikan di kayu salib hanya demi keselamatan kami. Semoga kami pun menjadi tempatMu berlabuh dan tempat yang pantas bertakhta. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan'. Yesus menjadi tebusan bagi banyak orang.

Kedua, 'setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal'. Kepercayaan mendatangtkan berkat.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017