Pesta santo Mikhael, Gabriel dan Rafael, 29 September 2020

Why 12: 7-12 + Mzm 138 + Yoh 1: 47-51

 

 

Lectio

Suatu ketika Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu. Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

 

Meditatio

Malaikat itu adalah penyataan diri Allah dalam wujud seperti manusia. Tepatlah ada yang memanggil Mikhael, siapa seperti Allah. Kehadiran mereka tentunya powerfull. Mereka adalah Gabriel, keperkasaan Allah, yang karenaNya mereka mampu menyembuhkan, yakni Rafael.

Keberadaan para malaikat merepresentasi kerinduan umat Allah akan kehadiran Tuhan. Mereka, umat Allah, memang tidak sampai menjumpai Allah dari muka ke muka, tetapi mereka merasakan Allah penuh kasih kepada semua orang yang dikasihiNya; dan keberadaan mereka sungguh nyata, sebagaimana ditegaskan Yesus sendiri: 'engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'. Dan itulah realitas surgawi.

 

Oratio

Yesus Kristus, kami bersyukur kepadaMu, karena pendampinganMu Engkau tampakkan dalam diri para malaikat yang kudus. Semoga kami semakin mengimani Engkau, dan merasakan Engkau beserta kami dalam setiap langkah hidup kami. Amin.

 

Contemplatio

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita