Rabu Pekan Biasa XXII, 2 September 2020

1Kor 3: 1-9 + Mzm 33 + Luk 4: 38-44

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus pergi ke rumah Simon. Adapun ibu mertua Simon demam keras dan mereka meminta kepada Yesus supaya menolong dia. Maka Ia berdiri di sisi perempuan itu, lalu menghardik demam itu, dan penyakit itu pun meninggalkan dia. Perempuan itu segera bangun dan melayani mereka. Ketika matahari terbenam, semua orang membawa kepada-Nya orang-orang sakitnya, yang menderita bermacam-macam penyakit. Ia pun meletakkan tangan-Nya atas mereka masing-masing dan menyembuhkan mereka. Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: "Engkau adalah Anak Allah." Lalu Ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia adalah Mesias.

Ketika hari siang, Yesus berangkat dan pergi ke suatu tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mencari Dia, lalu menemukan-Nya dan berusaha menahan Dia supaya jangan meninggalkan mereka. Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus." Dan Ia memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat di Yudea.

 

Meditatio

Menarik juga kalau aneka kuasa kegelapan mengetahui siapakah Yesus. Banyak di antara mereka yang berteriak-teriak: Engkau adalah Anak Allah, tidaklah demikian dengan orang-orang Farisi dan para ahli Taurat. Kuasa kegelapan memang seringkali lebih pandai daripada anak-anak manusia, wajarlah kalau mereka banyak yang tertarik kepadanya. Kuasa kegelapan yang menjanjikan perihal instant yang menarik hati banyak orang, tetapi selanjutnya mereka membinasakan orang-orang yang dikasihiNya.

. 'Di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus'. Inilah tugas perutusan Yesus. Yesus tidak mau mengikatkan diri pada komunitas dan wilayah tertentu dalam pewartaan. Injil harus diwartakan di seluruh dunia, karena Allah menghendaki semua anak-anak Abraham beroleh keselamatan. Orang-orang di seputar rumah Simon tidak menghendaki Yesus pergi, karena mereka merasa nyaman. Mereka ingin mendirikan tenda-tenda, sebagaimana pernah dikatakan Simon sendiri. Mereka sepertinya tidak mau tahu dengan orang lain. Yesus tidak menghendaki kata-kata sanjungan dan pujian mereka yang masih duniawi (1Kor 3).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau berkeliling ke mana-mana hanya supaya Injil KerajaanMu diperdengarkan kepada semua orang. Semoga kami yang telah mendengarkan, semakin berani melakukannya, sebab Engkau sendiri yang memberi pertumbuhan kepada kami. Amin.

 

Contemplatio

'Di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus'. Dia memang Yang terurapi oleh RohNya yang kudus.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017