Rabu Pekan Biasa XXV, 23 September 2020

Ams 30: 5-9 + Mzm 119 + Luk 9: 1-6

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka." Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

 

Meditatio

Memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang adalah tugas yang diterima oleh keduabelas Rasul. Wartakanlah, sebab 'semua firman Allah adalah murni. Jangan menambahi firman-Nya, supaya engkau tidak ditegur-Nya' (Ams 30). Yesus tidak hanya mengutus mereka, tetapi juga membekali dengan tenaga dan kuasa untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. bekal mereka amat istimewa, dan amatlah cukup untuk tugas perutusan yang mereka emban. Karena itu, mereka diminta untuk tidak membawa apa-apa dalam perjalanan, baik tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. Bukankah seorang pekerja patut mendapatkan upah? Lagi pula agar mereka tidak disibukkan dengan pebekalan yang mereka bawa. Mereka diminta hanya memprhatikan tugas perutusan yang diembannya, dan bukan mencari kenyamanan. 'Apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ'. Kesetiaan tinggal di satu rumah menunjuk pada kesetiaan dalam tugas perutusan.

Memberitakan Kerajaan Allah adalah kewajiban para murid, demikian juga kewajiban bagi setiap orang untuk mendengar dan menerimanya. Sebab 'kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka', tegas Yesus kepada para muridNya. Yesus amat mengharapkan setiap orang mau mendengarkan dan melaksanakan sabdaNya, pewartaan para Rasul. Yesus amat mengharapkan, karena kehendakNya agar semua orang beroleh keselamatan.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau meminta para murid mewartakan Injil Kerajaan Allah, sebab hanya sabdaMulah yang memberi kehidupan kekal. Semoga kami yang mendengarkannya danberani melakukannya, sehingga kami sungguh-sungguh menikmati keselamatanMu kelak dan sekarang ini menikmati hidup ini dengan indahnya. Amin.

 

Lectio

Pertama, 'jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, baik tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju'. Bukankah seorang pekerja patut mendapatkan upah?

Kedua, 'kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka'. Menerima Injil wajib hukumnya.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita