Jumat Pekan Biasa XXVIII, 23 Oktober 2020

Ef 4: 1-6 + Mzm 24 + Luk 12: 54-59

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus berkata kepada para muridNya: "Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi. Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar? Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas."

 

Meditatio

Menilai jaman? Apa yang dimaksudkan menilai jaman? Bukankah menilai jaman itu sepertinya lebih sulit daripada menilai cuaca? Menilai jama adalah menilai perjalanan kehidupan dalam tenggang waktu tertentu. Mungkin pada saat itu tidaklah seperti jaman kita sekarang ini. Hidup komunal lebih kuat dibanding individualisme. Atau sebaliknya, mereka tidak mau tahu terhadap sesamanya? Namun bagaimana persisnya, hidup bersama memang menuntut setiap orang untuk menabur damai.

Sudah siapkah kita membawa damai bagi sesame kita? Paulus pun menasehati kita: 'hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua' (Ef 4).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menghendaki kami hidup bersama dalam kasih persudaraan, sehati sejiwa, satu kata satu hati. Ajarilah dan ingatkan kami, agar selalu hidup dalam suasana damai dengan sesame. Amin.

 

Contemplatio

'Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

 









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016