Jumat Pekan Biasa XXX, 30 Oktober 2020

Fil 1: 1-11 + Mzm 111 + Luk 14: 1-6

 

 

Lectio

Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama. Tiba-tiba datanglah seorang yang sakit busung air berdiri di hadapan-Nya. Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu, kata-Nya: "Diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?"Mereka itu diam semuanya. Lalu Ia memegang tangan orang sakit itu dan menyembuhkannya dan menyuruhnya pergi. Kemudian Ia berkata kepada mereka: "Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat?" Mereka tidak sanggup membantah-Nya.

 

Meditatio

Dalam keadaan darurat ada pelonggaran aneka peraturan. Ambulace yang mengangkut pasien diijinkan jalan terus bila lampu merah, malah harus kita beri kesempatan untuk berjalan lebih dahulu. Demikian seseorang segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat. Acara makan pun dihentikan Yesus ketika seorang yang sakit busung air berdiri di hadapan-Nya.

Karena itu, 'diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?', tantang Yesus kepada orang-orang Farisi yang senang mencari-cari kesalahan orang lain. Tentunya diperbolehkan. Kiranya kepekaan hati amat diperlukan bagi setiap orang yang percaya kepadaNya. Paulus pun mendoakan: 'inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus' (Fil 1).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menghendaki semua orang beroleh selamat. Teguhkanlah kami agar selalu berani melakukan yang terbaik bagi diri kami dan berguna bagi sesame, terlebih yang mendatangkan keselamatan. Amin.

 

Contemplatio

'Diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?'. Amat mudah menjawabnya bagi orang yang beriman.

 

 

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016