Kamis Pekan Biasa XXVII, 8 Oktober 2020

Gal 3: 1-3 + Mzm + Luk 11: 5-13

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara. Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya. Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

 

Meditatio

Kemarin Yesus mengajar para muridNya berdoa. Hari ini Yesus menegaskan agar kita berani berdoa dan berdoa.  'Aku berkata kepadamu: mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu'. Penegasan ini hendak mengatakan, bahwa hendaknya setiap orang serius berdoa, bukan bermain kata-kata. Terlebih lagi kalau ingat 'Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga!'. Keyakinan akan belaskasih Tuhan adalah menjadi bekal tersendiri bagi setiap orang yang mau berdoa.

'Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya'. Setiap orang pun diperkenankan meminta Roh Allah sendiri. Setiap orang tidak hanya boleh meminta rejeki dan rejeki kehidupan, bahkan Roh Allah yang kudus pun akan diberikan kepada setiap orang yang memintaNya. Orang yang mendapatkan Roh Kudus berarti hidupnya dikuasai oleh Allah sendiri. Mendapatkan Roh Kudus tidaklah sebatas dengan menerima pelbagai anugerah RohNya yang kudus. Aku hidup, tetapi bukan akau sendiri yang hidup, tetapi Kristuslah yang hidup dalam diriku, kata-kata inilah ucapan seseorang yang dikuasai oleh Roh Kudus.

 

Oratio

Yesus Kristus. Engkau benar-benar menjanjikan bagi setiap orang yang berani berdoa dan berdoa kepadaMu. Engkau pun mau tinggal dalam diri kami.  Jadikanlah diri kami tempat kehadiranMu RohMu yang menyelamatkan itu. Amin.

 

Contemplatio

Pertma, 'Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga!'. Keyakinan akan belaskasih Tuhan adalah menjadi bekal tersendiri bagi setiap orang yang mau berdoa.

'Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya'. Allah mau hadir dalam diri umatNya.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita