Minggu Pekan Biasa XXVIII, 18 Oktober 2020

Yes 45: 1-6 + 1Tes 1: 1-5 + Mat 22: 15-21

 

 

Lectio

Suatu hari pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?" Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu." Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya. Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."

 

Meditatio

'Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain'. Inilah penyataan diri Allah melalui kitab Yesaya. Suatu penegasan bagi orang-orang yang mencari keselamatan di akhir jaman nanti, dan sukacita dan bahagia dalam perjalanan hidup sekarang ini. Secara tegas Allah menyatakan hal ini, karena hanya Dialah yang mampu menyelamatkan. Dialah sang Kehidupan.

Atas dasar ini, benarlah yang dikatakan Yesus hari ini: 'berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah'. Sebagai anggota masyarakat, benarlah kalau kita harus taat kepada Pemerintah. Kita patuhi segala kebijakan pemerintah yang mengusahakan masyarakat yang adil dan Makmur, aman sejahtera. Sebagai anggota Gereja, benarlah kalau taat kepada Uskup dan para Imamnya. Sebagai umat beriman, tepatlah kalau berserah diri hanya kepada Tuhan Allah, sang Empunya kehidupan ini.

Bukankah Yesus telah mengangkat kita menjadi saudara dan saudariNya? Ataupun sahabat-sahabatNya? Bukankah Yesus juga telah memberikan rahmat kebangkitan dan jaminan keselamatan kepada kita orang-orang yang dipilih dan dikasihiNya?  (bdk. 1Tes 4).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memberi kehidupan dan keselamatan kepada setiap orang, tanpa terkecuali. Ajarilah kami setia kepadaMu, agar hati budi kampun tetap terarah hanya kepadaMu. Sebab hanya padaMu ada keselamatan, dan Engkaulah sendiri sang Empunya kehidupan ini. Amin.

 

Contemplatio

'Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah'.










Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Selasa XXX, 26 Oktober 2010