Peringatan Malaikat Pelindung, 2 Oktober 2020

Kel 23: 20-23 + Mzm 91 + Mat 18: 1-5.10

 

 

Lectio

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Dan ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

 

Meditatio

Malaikat adalah representasi Allah yang tampak dalam wujud manusia. Dia tidak terikat ruang dan waktu. KehadiranNya amat dirasakan bagi setiap orang yang percaya. 'Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia' (Kel 23).

Sebagaimana kasih Allah kepada setiap orang, demikian pula malaikat melindungi dan mendampingi setiap orang. Karena itu, 'jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga'. Para malaikat melindungi mereka, karena semua tercipta dalam nama Putera, terlebih mereka yang mau mengamini sabda dan kehendak Bapa di surga. Semenjak muda mereka mempunyai hak dan martabat sama dengan mereka yang telah dewasa dan berusia.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mendampingi setiap orang, karena Engkau merasa memiliki setiap orang, terlebih mereka yang mau berserah diri padaMu. Semoga kami yang merasakan kasihMu, semakin berani berserah kepadaMu, sebab hanya dalam lindunganMu, kami beroleh kenyamanan dan kebahagiaan hidup. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga'.  Mereka semua terlindungi, karena semua tercipta dalam nama Putera.

Kedua, 'Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan'. Tuhan Benteng hidupku.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita