Pesta Santa Teresia Kecil, 1 Oktober 2020

Yes 66: 10-14 + Mzm 91 + Mat 18: 1-4

 

 

Lectio

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga".

 

Meditatio

Kerendahanhati dan pertobatan adalah satu paket kehidupan. Bagaimana mungkin orang bertobat, bila memang tidak ada sikap rendah hati untuk berani berunduk di hadapanNya. Orang yang masuk surga, bahkan menjadi terbsar dalam KerjaanNya, kalau memang ada nada tobat selalu dalam hidupnya. Dia pun selalu berani berbagi kasih dengan sesame, karena hanya dengan melayani, menghargai dan menghormati sesamanya, dia mendapatkan sukacita.

Kerendahanhati dan pertobatan yang seringkali ditampakkan dalam diri seorang anak kecil inilah yang menjadi contoh bagi setiap orang yang ingin masuk dalam KerajaanNya yang kudus. 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga', tegas Yesus kepada para muridNya. Anak kecil menjadi contoh bagi mereka, karena memang kelemahan dan keterbatasan diri membuat diri seorang anak untuk selalu meminta bantuan dari kedua orangtuanya. Dia pun merasa nyaman berada di tengah-tengah saudara-saudarinya.

Santa Teresia dari Kanak-kanak Yesus merasakan dirinya dicintai dan disayangi oleh Yesus yang begitu mesaranya sebagaimana dialami dari kedua orangtuanya, tetapi Allah yang baik itu lebih lembut daripada seorang ibu, seru Teresia.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau meminta kami untuk selalu merendahkan diri dalam pergaulan dengan sesame, sebab dalam pergaulan itulah kami dapat mengungkapkan kemampuan cinta kasih kami, yang telah Engkau taburkan dalam diri kami. Semoga dalam keseharian hidup, kami pun tetap berani menaruh perhatian terhadap aneka acara dan tugas-tugas keseharian kami.

Santa Teresia, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga'. Pertobatan adalah jalan masuk surga.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016