Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2020

Ef 2: 19-22 + Mzm 19 + Luk 6: 12-16

 

 

Lectio

Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul: Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.

Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya.

 

Meditatio

Simon yang disebut orang Zelot dan Yudas anak Yakobus yang kita rayakan hari ini pestanya.

Apa yang dapat kita katakan tentang mereka berdua? Hanya berdasar Injil hari ini, kita hanya dapat mengatakan bahwa kedua Rasul ini adalah pilihan Yesus, sang Guru. Yesus memilih dan memanggil mereka. Tidak banyak cerita tentang mereka, tidak suara keluar dari tenggorokannya, tetapi gemanya sampai di ujung dunia. Tidaklah demikian dengan sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. Mereka tidak dipanggilNya, tetapi mereka datang dan datang mencari Yesus. Sepertinya mereka mengenal Siapakah Yesus.

Kita ini orang-orang yang dipilih Yesus atau yang datang sendiri untuk mencari Dia? Berani kita mengamini kata-kata Yesus: bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu? Atau kamu adalah saudara dan saudariKu, kalau kamu melakukan segala kehendak Bapa, penegasan Yesus ini sudah kita lakukan? Bagaimana kita mengenal dan mengikuti Kristus? Minimal mari kita bersyukur kepada Tuhan, sebab kalian adalah 'kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh' (Ef 2), tegas santo Paulus. Mari kita bangga atas keterpilihan kita.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memanggil setiaporang tanpa memandang muka. Engkau memilih santo Simon dan Yudas, karena Engkau sndiri menghendaki. Semoga kami menikmati panggilanMu dan melakukan kehendakMu yang menyelamatkan itu. 

Hujankanlah keadilan, kesejahteraan dan kedamaian bagi tanah air, bangsa dan bahasa kami, Indonesia.

Santo Simon dan Yudas, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

'Kamu adalah kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru'.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016