Rabu Pekan Biasa XXVII, 7 Oktober 2020

Gal 2: 1-14 + Mzm 117 + Luk 11: 1-4

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya." Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."

 

Meditatio

Mengapa para murid sampai minta diajari berdoa? 'Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya', seru para murid. Apakah memang Yesus tidak pernah menjar mereka bagaoimana harus berdoa? Apakah Yesus beranggapan bahwa para muridNya sudah tahu bagaimana harus berdoa?

'Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan'.

Yesus mengajarkan isi doa, yang sungguh berkenan kepada Bapa di surga. Yesus tidak mengajarkan bagaimana cara berdoa yang benar. Yesus memang amat menegaskan, bahwa doa itu amat-amat pribadi bagi setiap orang. Penegasan Yesus: kalau berdoa, masuklah kamar dan kuncilah pintu, benar-benar menegaskan makna doa sebagai pembicaraan pribadi seorang saudara dengan sang Saudara sulung.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengajar para murid berdoa; berdoa yang berkenan kepada Bapa di surga. Semoga kami hari demi hari makin menghayati doa Bapa Kami, sehingga kami sendiri merasakan kedamaian dan kenyamanan rohani, karena doa kami berkenan kepada Bapa di surga.

Santa Maria, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

'Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan'.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita