Rabu Pekan Biasa XXVIII, 14 Oktober 2020

Gal 5: 18-25 + Mzm 1 + Luk 11: 42-46

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus mengecam orang-orang Farisi. KataNya: 'celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya."

Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu menjawab dan berkata kepada-Nya: "Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga."  Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jari pun".

 

Meditatio

Kalau kemarin Yesus mengecam seorang Farisi yang hanya mencuci pinggan dan mangkok bagian luarnya saja, hari ini Yesus menambahkan, bahwa mereka semua kaum Farisi, dan juga para ahli Taurat itu, bagaikan makam tanpa nisan, sehingga banyak orang tersandung dan jatuh. Mengapa? Karena mereka berpura-pura berbuat baik. Mereka suka mencari tempat terhormat dalam rumah ibadat, mereka membayar persepuluhan sayuran dan inggu, tetapi tidak mau tahu akan keadilan dan kasih, mereka memberikan beban berat kepada orang lain, tetapi mereka tidak pernah menyentuh beban itu dengan jari tangan saja. Mereka benar-benar munafik.

Kaum munafik adalah mereka yang rajin berdoa, suka menasehati, suka memakai pakaian liturgis, sopan santun, dan suka membantu sesame, tetapi semuanya dilakukan dengan penuh kebohongan, tebar pesona dan berpura-pura.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengecam habis orang-orang yang munafik, dan bahkan menjadi batu sandungan bagi sesame. TeguranMu mengena juga pada diri kami, yang memang sering bepura-pura. Ajarilah kami melakukan segala sesuatu dengan belaskasih dan jujur. Amin.

 

Contemplatio

'Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya'. Kemunafikan adalah batu sandungan juga bagi orang lain.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita