Sabtu Pekan Biasa XXVI, 3 Oktober 2020

Ayb 42: 1-17 + Mzm 119 + Luk 10: 17-24

 

 

Lectio

Pada waktu itu setelah menjalankan tugas perutusanNya ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit. Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga."

 

Meditatio

Para murid bergembira, karena tugas pertusan yang diemban dapat berhasil dengan sukses. 'Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu', seru mereka. Mereka akhirnya dapat bertahan hidup di tengah-tengah kawanan singa yang mengaum-aum mencari mangsanya. Mereka, yang bagaikan seekor anak domba di tengah-tengah kawanan serigala dapat pulang dengan selamat. Mereka pun sempat menyembuhkan banyak orang dan mengusir kegelapan.

'Janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga', tegas Yesus. Mereka hendaknya tidak hanya bangga karena mempunyai anugerah-anugerah yang telah diberikan sang Guru sendiri, tetapi hendaknya mereka bangga, karena nama mereka terdaftar di surga. Sebab bukankah mereka kaum berdosa juga menerima pelbagai anugerahNya? Bukankah Allah memberikan hujan bukan hanya kepada orang-orang yang baik?  Apakah maksudnya terdaftar di surga nama mereka? Terdaftar sebagai apa? Sebagai murid-muridNya? Sebagai saudara-saudaraNya? Sebagai pelaksana sabdaNya? Sebagai penerima pelbagai anugerahNya?

Apakah penegasan Yesus ini mengingatkan, agar mereka yang terdaftar di surga itu selalu siap mempertanggungjawabkan nama yang mereka miliki? Kiranya Yesus tetap meminta mereka, dan tentunya kita sekarang ini yang masih dalam perjalanan hidup untuk setia mempertahankan nama indah yang kita miliki.

 

Oratio

Yesus Kristus, kami bersyukur kepadaMu, karena telah mengangkat kami menjadi saudara dan saudariMu sendiri. Semoga kami setia menjaga keluhuran nama kami dengan melakukan segala sabda dan kehendakMu. Amin.

 

Contemplatio

'Janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga'. Nama kita pun telah tercatat tentunya, karena baptisan yang kita terima.

 









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016