Selasa Pekan Biasa XXVII, 6 Oktober 2020

Gal 1: 13-24 + Mzm 139 + Luk 10: 38-42

 

 

Lectio

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku." Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

 

Lectio

'Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya'.

Salahkah yang dilakukan Marta di saat kedatangan Yesus? Tidak. Namun sepertinya tidak ada komunikasi baik antara Maria dan Marta. Sebab hanya dalam komunikasi yang indah, semua dapat memahami keberadaan masing-masing.

'Rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN' (Yes 55). Kiranya sabda Tuhan melalui Yesaya ini menetralisir pemahaman kita akan sabda Kristus tadi. Segala maksud dan perbuatan baik kita tidak selalu sesuai dengan kehendak Tuhan. Demikianlah dalam menyambut Tuhan Yesus, setiap orang tidak perlu merepotkan diri dengan aneka fasilitas ataupun maksud baik diri. Bukankah dalam pewartaan Injil Kerajaan Allah, para murid juga dilarang membawa aneka perbekalan? Dalam menyambut Kristus, kita cukup duduk manis mendengarkan sabda dan merenungkanNya. Tuhan Yesus tidak membutuhkan aneka persembahan. Bukankah semua yang tercipta adalah milikNya? Mendengarkan dan melaksanakan sabdaNya itulah yang menyenangkan hati Tuhan.

 

Oratio

Yesus Kristus, mendengarkan SabdaMu menyenangkan hatiMu. Maka ajarilah kami melakukan yang terbaik, yang sekaligus mendatangkan kebahagiaan dan keselamatan kami. Dan semoga kami semakin hari semakin banyak yang tergerak hatinya untuk membaca sabdaMu yang menyalamatkan itu. Amin.

 

Contemplatio

'Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya'.  







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Selasa XXX, 26 Oktober 2010