Selasa Pekan Biasa XXVIII, 20 Oktober 2020

Ef 2: 12-22 + Mzm 85 + Luk 12: 35-38

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus berkata kepada para muridNya: "hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka".

 

Meditatio

Seorang pembantu rumah tangga yang setia selalu menyenangkan hati tuannya. Itulah gambaran yang diberikan Yesus dalam perumpamaan hari ini. 'Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang'. Sang tuan rumah merasa sukacita tersendiri. 'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka', tegas Yesus; dan itulah yang dikerjakan oleh Tuhan Allah sendiri yang mendapatkan salah seorang umatNya dengan setia selalu berharap dan berharap kepadaNya.

Kesetiaan hati memang selalu mendapatkan perhatian dari Tuhan. Kamu yang setia dalam perkara kecil, masuklah dalam kerajaan mulia. Bahkan tanpa segan-segan Allah memberikan kesempatan bagi setiap orang berubah menjadi orang-orang yang setia, sebagaimana digambarkan sebatang pohon yang masih diberi kesempatan untuk menghasilkan buah dengan terlebihi diairi dan dipupuk tanah sekitarnya.

Layaklah kita menjadi orang-orang setia, sebab kita telah didamaikan dengan Allah, karena Yesus Kristus. Kita dahulu yang jauh, sekarang menjadi dekat, karena Yesus (Ef 2). Setia menikmati anugerah Tuhan pun sering menuntut usaha yang tak kecil.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau sungguh bangga terhadap orang-orang setia akan tugas perutusan yang Engkau berikan kepada mereka. Bantulah kami dengan kasihMu, agar kami menjadi orang-orang yang setia sepanjang hidup, terlebih dalam menghadapi aneka kesulitan dan tantangan. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang'. Sang tuan rumah merasa sukacita tersendiri.

Kedua, 'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka'. Yesus akan melayani dan membahagiakan kita.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016