Selasa Pekan Biasa XXX, 27 Oktober 2020

Ef 5: 21-33 + Mzm 128 + Luk 13: 18-21

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus berkata kepada para muridNya: 'seumpama apakah hal Kerajaan Allah dan dengan apakah Aku akan mengumpamakannya? Ia seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di kebunnya; biji itu tumbuh dan menjadi pohon dan burung-burung di udara bersarang pada cabang-cabangnya."  Dan Ia berkata lagi: "Dengan apakah Aku akan mengumpamakan Kerajaan Allah?  Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya."

 

Meditatio

Kerajaan Allah seumpama biji sesawi, juga seperti ragi. Dalam perumpaan yang diberikan Yesus, keduanya: biji sesawi dan ragi adalah benda yang kecil dan sederhana, tetapi bila tumbuh berkembang mengubah ciptaan dan menguntungkan ciptaan lainnya. Biji sesawi yang kecil menjadi pohon besar yang banyak dinikmati aneka burung, dan sepotong kecil ragi membuat tepung menjadi adonan baru.

Membiarkan diri tinggal dan makin hari makin dikuasai Kerajaan Allah, yang nyata dalam diri Anak Manusia membuat kita menjadi manusia baru, sebagaimana dilambangkan adonan; dan menjadi saluran berkat bagi sesame sebagaimana dilambangkan pohon sesawi. Kapan kita tinggal di dalam Yesus Kristus? Kapan kita dikuasaiNya? Tentunya ketika dalam pergaulan kita selalu merendahkan diri dan takwa senantiasa kepada Tuhan, sebagaimana dikatakan Paulus hari ini (Ef 5)

 

Oratio

Yesus Kristus, ajarilah kami senantiasa setia kepada sabdaMu, dan melaksanakannya. Sebab hanya dengan demikianlah kami tinggal dalam diriMu dan bahkan Engkau berkuasa dalam hidup, sehingga bukan lagi kami yang hidup, melainkan Engkaulah yang hidup dalam diri kami. Amin.

 

Contemplatio

'Kerajaan Allah seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya'.

 









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016