Senin Pekan Biasa XXVIII, 12 Oktober 2020

Gal 4: 22-24 + Mzm 113 + Luk 11: 29-32

 

 

Lectio

Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"

 

Meditatio

Tanda bukti dalam kehidupan sehari-hari amatlah penting. Banyak orang percaya akan sesuatu, bila ada bukti; terlebih kalau masuk dalam soal hukum.

Kehadiran Yunus membuktikan cinta kasih Allah yang mahamulia, yang mengundang setiap orang untuk berani kembali kepada Allah. Yunus hanya membuktikan. Yunus adalah utusan Allah. Tidaklah demikian dengan kehadiran Yesus Kristus, yang memang adalah Allah sendiri datang, menyapa dan menyelamatkan umatNya. Tanda kehadiranNya malahan mengatasi dan di luar konsep pikiran manusia. Dia datang dan bergaul dengan kaum berdosa. Dia memuji bahagia orang-orang miskin yang mengandalkan kekuatan Allah. Dia juga mengajak semua orang mengikuti berani memanggul salib kehidupan sehari-hari. KehadiranNya yang tidak sesuai dengan konsep manusia itulah yang membuat Dia lebih hebat dari Yunus dan Salomo, sebagaimana dikatakanNya sendiri.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menghendaki kami untuk berani hanya mengandalkan Engkau. Sebab Engkau sendiri sungguh adalah Tanda atau Sakramen bagi dunia. Sebab Engkau datang atas kehendak Bapa di surga, dan Engkaulah sang Mesias Penyelamat. Semoga kami semakin percaya kepadaMu.  Amin.

 

Contemplatio

'Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan kita ini'.











Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Hari Raya Maria mendapat Kabar Sukacita