Jumat Pekan Biasa XXXIV, 27 November 2020

Why 20: 1-4 + Mzm 84 + Luk 21: 29-33

 

 

Lectio

Pada waktu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu."

 

Meditatio

Yesus berbicara tentang kehadiran Kerajaan Allah. Mungkin agak sedikit membingungkan kita, bahwasannya Yesus menegaskan kedatangan Kerajaan Allah tanpa disertai tanda-tanda lahiriah (Luk 17), tetapi dalam perikop hari ini Yesus berkata: 'jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat'. Yang dimaksudkan tentunya tentang segala yang menimpa bumi ini, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Kiranya kita sendiri harus bijak menyatakan, bahwa dekatnya Kerajaan Allah itu tidak sama bila KerajaanNya sudah datang. Bukannya juga kedatanganNya itu mengatasi kemampuan inderawi umatNya; kedatanganNya itu, sebagaimana dikatakanNya, 'sama seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain'

Namun kiranya yang menjadi perhatian adalah sabda Tuhan sendiri. Kalau pun segala-galanya hancur, kita tidak akan mengalami kehancuran bila bersatu dengan sabda dan kehendakNya; dan itulah memang yang dikatakan Yesus sendiri: 'langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu'.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengajak kami untuk mengandalkan sabda dan kehendakMu dalam menghadapi aneka problema kehidupan, terlebih yang membuat kami tak berdaya. Semoga kami hari demi hari semakin berani berpaut hanya kepadaMu. Amin.

 

Contemplatio

'Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu'.

 









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017