Minggu Adven I, 29 November 2020

Yes 63: 1-4 + 1Kor 1: 3-9 + Mrk 13: 33-37

 

 

Lectio

Pada waktu Yesus berkata: 'hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba. Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!'.

 

Meditatio

'Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba', tegas Yesus kepada para muridNya. Orang yang berjaga-jaga adalah dia yang siap sedia menghadapi aneka persoalan kehidupan. Pada masa Adven ini berjaga-jaga dimaksudkan agar kita siap sedia akan datangNya Kristus Tuhan yang kedua kalinya, yang akan membawa mahkota keselamatan, yang mana saat kedatanganNya tidak diberitahukan kepada seorang pun.

Setiap orang harus berjaga-jaga, 'agar tidak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus menyatakan diriNya' (1Kor 1). Namun apakah kita memang layak menikmati keselamatan yang dibawaNya? Ya kami layak dan pantas, itulah yang kita ucapkan sebagai orang-orang yang percaya kepadaNya. Sebab, menirukan kata-kata umat Israel, orang-orang yang dikasihiNya, sebagaimana tersurat dalam kita Yesaya, kami adalah 'hamba-hamba-Mu, kami adalah suku-suku milik kepunyaan-Mu!'. Layak dan pantaslah berharap dan merindukan Tuhan Yesus, karena kita memang milikNya. Lagi pula 'ya TUHAN, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tangan-Mu' (Yes 64).

 

Oratio

Yesus Kristus, ajarilah kami setia selalu dalam berjaga-jaga, sebab kami ini pemalas dan hanya sering mengandalkan mata inderawi kami dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kesetiaan kami berjaga mampu mengantar kami untuk siap menyambut kedatanganMu yang kedua, yang membawa keselamatan bagi kami itu. Amin.

 

Contemplatio

'Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba'.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016