Peringatan Semua Orang Beriman, 2 November 2020

2Mak 12: 43-46 + 1Kor 15: 12-34 + Yoh 6: 37-40

 

 

Lectio

Pada suatu hari Yesus bersabda: 'semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.  Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.  Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.  Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman'.

 

Meditatio

'Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang'. Sebuah penegasan, bahwasannya orang-orang yang telah diserahkan kepadaNya sungguh-sungguh menjadi milikNya, dan akan selalu dipertahankanNya. Yesus menghendaki semua orang selamat, tidak seorang pun binasa. Yesus menebus seluruh milikNya dengan turun ke alam maut dan membebaskannya dari kuasa kegelapan, sebagaimana 'kehendak Dia yang telah mengutus Aku', tegas Yesus.  

'Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, pertama, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman'. Yesus diminta menjadi Penjaga dan Penyelamat umat manusia. Kematian adalah sebuah realitas yang akan tetap dialami dan dirasakan oleh setiap orang. Kematian hanya akan mengakhiri hidup seseorang dalam perjalannya di dunia ini.

Kedua, 'supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal'.  Kepercayaan menyelamatkan setiap orang, karena itu berbahagialah mereka yang tidak melihat tapi percaya (Yoh 20). Bukan hanya orang-orang yang semenjak semula menjadi bangsa pilihanNya, yakni kaum Israel, tetapi juga seluruh umat manusia yang percaya kepada Tuhan Allah, beroleh kehidupan dan keselamatan.

'Aku membangkitkannya pada akhir zaman'.  Semua orang diselamatkan? Orang baik dan orang jahat? Tentunya, walau tak dapat disangkal keselamatan adalah sebuah pilihan. 'Sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus, tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya' (1Kor 15). Maka tentunya doa-doa kita bagi orang yang telah meninggal membuat mereka menjadi orang-orang terdaftar menurut urutannya. Bukankah doa-doa kita menjadi korban tebusan dan silih yang membebaskan seseorang dari kuasa dosa? (2Mak 12). Bukankah baik hidup atau mati kita ini milik Tuhan? Mengapa kita harus berdiam diri, bila kita melihat orang yang tak berdaya? Kita berdoa bagi mereka, karena kita sewarga dengan semua umatNya.

 

Oratio

Ya Yesus Kristus, Engkau telah memanggil banyak saudara dan saudari kami dengan peristiwa kematian. Kami percaya Engkau yang telah memanggil saudara-dan saudari kami, Engkau pula yang akan memberikan tempat mulia bagi mereka. Janganlah Engkau memperhitungkan dosa mereka, ya Tuhan, tetapi rahimilah mereka dengan belaskasihMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang'.  Allah menghendaki semua orang selamat.

Kedua, 'sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus, tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya'. Kita mendapatkan jaminan keselamatan sesuai dengan urutannya.

Ketiga, doa-doa kita adalah korban tebusan dan silih yang membebaskan seseorang dari kuasa dosa, sehingga mereka beroleh keselamatan.









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016