Rabu Pekan Biasa XXXIV, 25 November 2020

Why 15: 1-4 + Mzm 98 + Luk 21: 12-19

 

 

Lectio

Yesus berkata kepada para muridNya: 'sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku. Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi. Sebab itu tetapkanlah di dalam hatimu, supaya kamu jangan memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu.  Dan kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Tetapi tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang. Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu'.

 

Meditatio

Perlawanan terhadap para murid juga akan dialami, bahkan mendahului kehancuran Yerusalem.

Pertama, 'kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa, kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh dan kamu akan dibenci semua orang, oleh karena nama-Ku'. Mengikuti Yesus bukannya untuk mendapatkan kenyamanan, melainkan aneka tantangan dan rintangan. Kalian bagaikan seekor domba di tengah kawanan serigala, kalian harus memanggul salib.

Kedua, 'dalam aneka tantangan itulah akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi, barangsiapa tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu'. Aneka tantangan dan rintangan adalah kesempatan memurnikan hati dan budi.  Yesus pun pernah mengingatkan, agar setiap orang berani duduk terlebih dahulu sebelum membangun sebuah menara, apakah dana yang dimilikinya itu mencukupi.

Ketiga, namun begitu Yesus tidak membiarkan setiap orang sendirian dalam mengikutiNya. 'Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu'.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengingatkan kami betapa berat dan banyaknya tantangan dalam mengikuti Engkau. Bantulah kami menghadapi aneka tantangan dan rintangan, sehingga pada akhirnya dapat bertahan sampai akhir, dan beroleh kehidupan bersamaMu. amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'dalam aneka tantangan itulah akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi, barangsiapa tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu'. Aneka tantangan dan rintangan adalah kesempatan memurnikan hati dan budi. 

Kedua, 'Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu'. Yesus tidak membiarkan kita sendirian.

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017