Sabtu Pekan Biasa XXXIV, 28 November 2020

Why 20: 1-4 + Mzm 84 + Luk 21: 29-33

 

 

Lectio

Pada waktu Yesus melanjutkan pengajaran dan berkata: 'jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia'.

 

Meditatio

Sedia payung sebelum hujan. Inilah peribahasa yang mengajak setiap orang untuk selalu siap sedia akan segala sesuatu yang bisa terjadi di hadapannya. Terjemahan sedia payung sebelum hujan dalam Kitab Suci hari ini adalah berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa. Artinya, pertama: setiap orang hendaknya tidak sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi.  Orang dalam situasi seperti ini berada di atas awan, karena memang tidak berdiri atas dua kaki sendiri. Kedua, setiap orang juga diminta untuk menguatkan semangat doa, yakni dengan mendengarkan sabda Tuhan dan memanjatkan doa syukur dan permohonan. Berjaga-jaga dan berdoa perlu mendapatkan perhatian, agar setiap orang beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, yakni aneka kehancuran, dan supaya tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.

Anak Manusia perlu kita sambut kedatanganNya, karena segala sesuatu tercipta dalam Sabda (Yoh 1), yang telah menjadi manusia, yakni Yesus Kristus.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengingatkan kami untuk selalu berjaga, siap sedia akan segala yang bisa saja terjadi di hadapan kami, tanpa kami perkirakan sebelumnya. Semoga kami selalu siap sedia, dan berkomunikasi denganMu sendiri, sehingga kedatanganMu benar-benar kami rasakan sebagai sukacita yang luar biasa. Amin.

 

Contemplatio

'Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia'.









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016