Selasa Pekan Biasa XXXII, 10 November 2020

Tit 1: 1-8 + Mzm 37 + Luk 17: 7-10

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'siapa di antara kamu yang mempunyai seorang hamba yang membajak atau menggembalakan ternak baginya, akan berkata kepada hamba itu, setelah ia pulang dari ladang: Mari segera makan! Bukankah sebaliknya ia akan berkata kepada hamba itu: Sediakanlah makananku. Ikatlah pinggangmu dan layanilah aku sampai selesai aku makan dan minum. Dan sesudah itu engkau boleh makan dan minum. Adakah ia berterima kasih kepada hamba itu, karena hamba itu telah melakukan apa yang ditugaskan kepadanya? Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan'.

 

Meditatio

Jiwa pamrih akan tersakiti oleh orang yang tidak mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan. Memang kewajiban setiap orang untuk berani berkata-kata terima kasih atas segala perhatiann yang diterimanya. Namun ada yang yang berpendapat, bahwa hak setiap orang untuk tidak berkata-kata atau tidak membuka mulutnya atas segala peristiwa kehidupan. Karena itu, pinta Yesus kepada para muridNya, 'apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan'.

Kalau memang segala yang kita lakukan adalah kewajiban, bahkan kita telah sepakat (bdk Mat 20) mengapa kita harus menuntut orang lain berterima kasih kepada kita?

Injil hari ini mengajak kita untuk berani memberi dan memberi, dan bukannya meminta. Kalau konsep hidup hanya memberi, maka tidak akan rasa tuntutan diri kepada orang lain. 'Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang' (Mat 20), demikian hendaknya kita yang percaya kepadaNya."

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengajak kami menjadi orang-orang yang berani memberi, orang-orang yang rendah hati dan menjadi sesame bagi orang lain. Semoga kami pun siap melakukan segala yang telah engkau lakukan bagi kami.

Santo Leo agung, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

'Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan'.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016