Selasa Pekan Biasa XXXIII, 17 November 2020

Why 3: 1-6 + Mzm 15 + Luk 19: 1-10

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa." Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat." Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

 

Meditatio

Zakheus mendapatkan berkat melimpah dari Yesus. 'Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu', kata Yesus kepadanya. Sepertinya hanya karena kerinduannya untuk melihat sang Anak Manusia, dia mendapatkan berkat melimpah.

Pertama, mengapa para pemungut cukai selalu dikaitkan dengan kaum pendosa? Apakah memang pada umumnya mereka pada waktu itu benar-benar sebagai lintah darat?

Kedua, kenapa ada keinginan Zakheus untuk melihat Yesus? Begitu ternamakah Yesus, sehingga seorang Zakheus berkeinginan melihatNya. Keserupaannya dengan sang Empunya kehidupan tetap diperhatikan sepertinya.

Ketiga, pertobatan Zakheus diungkapkan dan dinyatakan berani mengembalikan dan berbagi kepada mereka yang wajib menerimanya. Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.

Keempat, 'Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang', kata Yesus. Semoga banyak orang yang mau diselamatkan.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau datang hanya untuk mau mengembalikan kami sebagai penghuni taman Firdaus yang kami tempat-tinggali dulu. Semoga kami berani mendengarkan ajakan dan undanganMu yang menyelamatkan itu, terlebih kami yang telah Engkau pilih sebagai saudara dan saudariMu, putera-puteri Bapa di surga. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu'. Dia pun sering berkata demikian kepada kita.

Kedua, 'Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang'. Kita dicariNya selalu.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016