Senin Pekan Biasa XXXIII, 16 November 2020

Why 1: 1-4 + Mzm 1 + Luk 18: 35-43

 

 

Lectio

Waktu Yesus hampir tiba di Yerikho, ada seorang buta yang duduk di pinggir jalan dan mengemis. Waktu orang itu mendengar orang banyak lewat, ia bertanya: "Apa itu?" Kata orang kepadanya: "Yesus orang Nazaret lewat." Lalu ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" Maka mereka, yang berjalan di depan, menegor dia supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" Lalu Yesus berhenti dan menyuruh membawa orang itu kepada-Nya. Dan ketika ia telah berada di dekat-Nya, Yesus bertanya kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang itu: "Tuhan, supaya aku dapat melihat!" Lalu kata Yesus kepadanya: "Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Dan seketika itu juga melihatlah ia, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Allah.

 

Meditatio

Menarik cerita orang buta satu ini.

Pertama, dari mana dia tahu bahwa Yesus itu Anak Daud? Bukankah dia tidak bisa membaca? Ada yang menceritakan kepadaNya, sebagaimana dikatakan: 'apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun' (Ul 6). Orang ini hanya buta matanya.

Kedua, dia berani berseru-seru melawan dan melanggar kemauan banyak orang yang menegor dia supaya ia diam, walau dia percaya kepadaNya; dan berkat kepercayaannya 'melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau, kata Yesus kepadanya.

Ketiga, orang buta ini adalah orang yang tahu berterima kasih, sebab setelah terbuka matanya, dia lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Orang but aini satu spiritualitas dengan orang Samaria yang sakit kusta.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memberikan segala berkat dan anugerahMu agar setiap orang seakin mampu mendekatkan diri kepadaMu. Engksu memberi bekal kepada kami, agar kasmi slelaklu mengkaitkan diri haya ekapdaMu. Semoga kami enikmati semuanya itu denganpenuh syukur. Amin.

 

Contemplatio

'Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau'.







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016