Senin Pekan Biasa XXXIV, 23 November 2020

Why 14: 1-5 + Mzm 24 + Luk 21: 1-4

 

 

Lectio

Suatu ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."

 

Meditatio

Adalah suatu kebanggaan seseorang dapat memberi. Ada nilai tersendiri, seseorang dapat memberi dan memberi, daripada meminta dan meminta.

Pertama, 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya', tegas Yesus. Memberi lebih bermakna, terlebih lagi kalau itu dari segala keterbatasan dan kesibukan kita.

Kedua, memberi sekarang ini bukanlah hanya uang. Janda miskin sekarang ini adalah mereka yang tidak mempunyai banyak waktu untuk bersendau gurau, berjalan ke sana-kemari, atau bersantai-ria tanpa karya. Namun malahan orang-orang seperti merekalah yang banyak memberi waktu untuk Gereja dan untuk sesamanya. Di tengah-tengah kesibukan, masih kita temui orang-orang yang mau berbagi kepada sesamanya.

Injil mengajak kita untuk berani memberi.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menantang kami untuk berani memberi, sebagaimana diteladankan janda miskin yang memberi dari kekurangan hidupnya. Semoga segala pemberianMu bagi kami semakin menyemangati kami untuk berani berbagi terhadap sesama. Amin.

 

Contemplatio

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya'.

 









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016