Pesta santo Fransiskus Xaverius, 3 Desember 2020


1Kor 1: 16-23 +  Mzm 117 +  Mrk 16: 15-20




Lectio


Pada waktu itu Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.




Meditatio


Santo Fransiskus Xaverius adalah seorang misionaris, bahkan dia bersama santa Teresia Kanak-kanak Yesus adalah Pelindung Misi. Kalau santo Fransiskus sempat berpetualangan ke aneka daerah, tidaklah demikian dengan Santa Teresia Kanak-kanak Yesus, yang melanglanglang buana dalam doa-doanya.


'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum'. Sabda Yesus inilah yang dihayati dan dilakukan oleh santo Fransiskus. Dia berkeliling ke sana ke mari untuk mewartakan Injil Kerajaan Allah. Bahkan celakalah aku jika aku tidak mewartakan Injil, tegasnya mengikuti semangat santo Paulus (1Kor 9). Fransiskus menjadi misionaris bukan untuk mendapatkan nafkah hidup. Dia  melakukan semuanya itu, hanya untuk berbagi keselamatan yang dijanjikan Tuhan Yesus sendiri.


Pesta santo Fransiskus Xaverius mengingatkan kita orang-orang yang telah mendengarkan sabda dan mengenal Kristus, adakah kita juga mau berbagi kepada sesama kita akan keselamatan? Pernahkah kita berdoa bagi para misionaris, atau mereka para imam yang berkarya di daerah pedalaman, yang jauh dari keramaian? Pernah kita memberikan sedikit rejeki yang kita miliki itu untuk mereka, agar merek dapat terjamin makan minumnya seperti kita? Juga bisa menikmati acara santai seperti kita yang berada di kota besar? Menaruh perhatian terhadap karya misi berarti kita ambil bagian juga dalam karya misioner; demikian juga bila kita menaruh perhatian untuk belajar kitab suci.




Oratio


Yesus Kristus, Engkau  meminta setiap orang untuk mewartakan InjilMu yang menyelamatkan itu. Bantu dan tolonglah kami untuk berani berkata-kata tentang sabdaMu dalam setiap pembicaraan pergaulan kami, bukan dengan berkotbah, tetapi mengambil inspirasi dari kehendakMu sendiri. 

Santo Fransiskus Xaverius, doakanlah kami. Amin.




Contemplatio


'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum'. 







Oremus Inter Nos
Marilah kita saling mendoakan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016