Rabu Pekan Adven II, 9 Desember 2020

Yes 40: 25-31 + Mzm 103 + Mat 11: 28-30

 

 

Lectio

Yesus dalam pengajaranNya berkata: 'marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

 

Meditatio

Ajakan Yesus amat mudah dimengerti: kalau kita merasa lesu, letih dan berbeban berat dalam perjalanan hidup, kita diundang datang kepadaNya. Kalau kita berani datang dan menjumpaiNya, 'Aku akan memberi kelegaan kepadamu', tegasNya. Adakah kita yang berkeberatan?

Apakah Yesus mau memanjakan kita orang-orang yang dikasihiNya? Atau malah meninabobokkan kita? Yesus amat menghormati keberadaan kita sebagai orang-orang yang tercipta sesuai dengan gambarNya. Yesus mengundang kita, agar kita berani belajar daripadaNya. Bukankah Dia sang Empunya kehidupan? 'Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan'. Ajakan Yesus hari ini menjabarkan kepribadianNya yang penuh pengertian. 'TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya. Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah'.  Yesus menggenapi dan memenuhi nubuat Tuhan sendiri para nabiNya (Yes 40).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengundang setiap orang untuk berani datang kepadaMu. Engkau akan memberi pembelajaran kepada kami. Semangatilah kami, agar mau datang mengikuti undanganMu yang membahagiakan itu. Amin.

 

Contemplatio

'Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan'.

 









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016