Rabu Pekan Adven III, 16 Desember 2020

Yes 45: 6-8 + Mzm 85 + Luk 7: 19-23

 

 

Lectio

Suatu hari Yohanes Pembaptis memanggil dua orang dari antaranya dan menyuruh mereka bertanya kepada Tuhan: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?" Ketika kedua orang itu sampai kepada Yesus, mereka berkata: "Yohanes Pembaptis menyuruh kami bertanya kepada-Mu: Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?" Pada saat itu Yesus menyembuhkan banyak orang dari segala penyakit dan penderitaan dan dari roh-roh jahat, dan Ia mengaruniakan penglihatan kepada banyak orang buta. Dan Yesus menjawab mereka: "Pergilah, dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar: Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik. Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku."

 

Meditatio

Kalau dalam beberapa hari ini kita dengar Yohanes Pembaptis memberi kesaksian tentang Yesus, hari ini memanggil dua orang muridnya dan menyuruh mereka bertanya kepada Tuhan: 'Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?'. Kenapa Yohanes menanyakan hal itu? Ragu-ragukah dia akan apa yang dikatakannya sendiri? Apa mau menegaskan saja kesaksiannya, agar umat semakin memahaminya?

'Pergilah, dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik. Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku', sahut Yesus. Dia tidak berkata-kata tentang diriNya, entah nama, asal usul, tugas perutusanNya. Yesus hanya menunjukkan segala yang dikerjakanNya. Sebab memang Dialah yang kudus dari Allah. Dia Mesias, dan memang banyak orang mengakui bahwa Dia datang dari Allah

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengerjakan segala menjadi baik dan indah. Engkau melakukan segala sesuatu, karena Engkaulah dan tiada yang lain. Semoga kami semakin hari semakin berani mengamini sabdaMu yang menyelamatkan dan siap sungguh akan kedatanganMu yang kedua kalinya,  yang membawa mahkota keselamatan. Amin.

 

Contemplatio

'Pergilah, dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik. Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku'.

 

 

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017