Sabtu Pekan Adven II, 12 Desember 2020

Sir 48: 1-11 + Mzm 80 + Mat 17: 10-13

 

 

Lectio

Suatu hari murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

 

Meditatio

Kenapa Gereja mengajak kita berbicara tentang Yohanes Pembaptis pada masa Adven bagian pertama ini? Apa relevansi kehadiran Yohanes Pembaptis dengan penantian akan kedatangan Kristus yang kedua kalinya?

Sebagaimana Yohanes Pembaptis mendahului Yesus Kristus, yang mana Yohanes  didera oleh orang-orang jamannya, demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka, maka dengan kedatanganNya kelak, siapakah yang harus mendahuluiNya? Kitalah yang harus mendahului menyambutNya. Bukanlah Yesus pun selalu mengingatkan kita agar berjaga-jaga sambil berdoa? Bukankah Paulus juga mengingatkan, agar kita menyambutNya dalam keadaan tidak bercacat dan tak bernoda?

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengingatkan kami untuk selalu siap akan kedatanganMu untuk kedua kalinya. Seperti Yohanes Pembaptis yang siap sedia mempersiapkan jalan bagiMu, demikian pun ajarilah kami untuk siap sedia menyambutMu untuk menikmati kemuliaan dan sukacita bersamaMu. Amin.

 

Contemplatio

'Saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia'.

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016