Selasa Pekan Adven I, 1 Desember 2020


Yes 11: 1-10  +  Mzm 72  +  Luk 10: 21-24


Lectio

Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak ada seorangpun yang tahu siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu." Sesudah itu berpalinglah Yesus kepada murid-murid-Nya tersendiri dan berkata: "Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat. Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya."



Meditatio

Sukacita ilahi akan dinikmati oleh umatNya yang kudus. 'Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. (2) Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN'. Seorang ilahi akan datang dari keturunan Isai. Dia menyatakan kehadiran Allah, karena memang Roh Tuhan ada padaNya. Sukacita dan damai akan terjadi. 'Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya. Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anaknya akan sama-sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu. Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak. Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus'  (Yes 11).

Inilah misteri penyelamatan yang disampaikan Tuhan Allah kepada setiap orang, terlebih kepada mereka yang kecil dan lemah, dan bukan kepada mereka yang bijak dan pandai, sebagaimana dikatakan Yesus sendiri kepada kita hari ini.


Apakah kita boleh diperkenakan lebih luas lagi menikmatinya, yakni segala yang indah dan damai itu?

'Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat. Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya'. Inilah yang dikatakan Yesus. Kita diijinkan menikmati yang indah dan damai itu. Kapan? Setiap kali kita mendengarkan sapaanNya. Dia mengundang dan mengundang kita. Kita memang sudah diangkatNya menjadi anak-anak Bapa di surga, hanya saja kita belum pernah melihatNya. Namun kelak jika Dia menyatakan diri kembali kita akan memandang Dia sebenarnya. Kita memang belum pernah melihatNya tetapi kita telah percaya kepadNya dan melakukan segala kehendakNya, yakni terlebih kalau kita berani memperhatikan Dia dalam diri sesama kita yang hina dan berkekurangan. Sekali lagi tepatlah yang dikatakan Yesus tadi, yakni pujianNya kepada kita yang boleh mendengar dan melihatNya.


Masa Adven mengajak agar kita semua semakin berani melihat dan mendengarNya sekarang ini, agar kita tidak bercacat pada hari Dia menyatakan diri, dan benar-benar siap sedia menyambut kedatanganNya untuk kedua kalinya yang menyatakan sukacita dan damai secara penuh.



Oratio


Yesus Kristus, Engkau memuji bahagia orang-orang yang mendapatkan kesempatan mendengarkan misteri penyelamatanMu. Kami adalah sebagian dari mereka yang Engkau beri kesempatan itu. Bantulah kami untuk setia mendengarkan rencana kehendakMu yang menyelamatkan, dan tidak henti-hentinya meminta bantuan dari padaMu.

Beato Dionysius, doakanlah kami. Amin.


Contemplatio

'Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat. Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya'.






Oremus Inter Nos
Marilah kita saling mendoakan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016