Jumat Pekan Biasa II, 22 Januari 2021

Ibr 8: 6-13 + Mzm 85 + Mrk 3: 13-19

 

 

Lectio

Pada suatu kali naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan mereka pun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan. Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh, selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

 

Meditatio

Pada suatu kali naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan mereka pun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan. Ada dua tugas yang diberikan Yesus, yakni menyertai sang Guru, tentunya ke mana saja Dia pergi. Para murid diminta membantu dan melayani Dia dalam karya pewartaan. Tugas lainnya adalah memberitakan Injil; tetapi sejauh mana mereka ambil bagian dalam karya pewartaan Injil Allah? Apakah kelak dilakukan setelah kebangkitanNya? Yesus tidak hanya menyuruh mereka, tetapi memperlengkapi mereka dengan kuasa ilahi untuk mengusir kuasa kegelapan.

Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh, selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia. Yesus tentunya mengenal mereka satu per satu. Petrus dan Andreas, Yohanes dan Yakobus diceritakan secara istimewa oleh Markus dalam Injilnya. Namun mengapa Andreas tidak digandengkan langsung dengan Simon Petrus? Apakah panggilan Yudas Iskariot hendak menegaskan bahwa iman tetap mengandaikan hak pribadi setiap orang?

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memanggil setiap orang untuk menikmati keselamatan yang indah dan sukacita hidup yang terpancar dalam tingkah laku. Semoga kami hari demi hari semakin menghayati panggilanMu itu, dan siap membagikannya juga kepada sesame kami. Amin.

 

Contemplatio

Yesus menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil.









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016