Jumat setelah Penampakan, 8 Januari2021

1Yoh 5: 5-13 + Mzm 147 + Luk 5: 12-16

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku." Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya. Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada siapa pun juga dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan seperti yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka." Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka. Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.

 

Meditatio

Yesus menyatakan dan menampakkan diri, agar umat manusia mengetahui bahwa Allah beserta kita. Dia tidak jauh di sana, Dia ada bersama kita. Imanuel.  Dia mengikuti aliran ruang dan waktu. Dia mengalami segala peristiwa yang dirasakan orang-orang di sekitarNya. Maka ketika seseorang meminta: 'Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku', Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata: 'Aku mau, jadilah engkau tahir'. Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya.

Yesus menyatakan diri, bukan untuk memaksakan kehendakNya; Dia hanya mengundang dan mengundang mereka semua. Datanglah kepadaKu, dan belajarlah daripadaKu, sebab Aku lemah lembut dan murah hati.

Yesus menyatakan diri, bukan untuk memaksakan kehendakNya. Yesus malahan mendengarkan permohonan umatNya, orang-orang yang dikasihi, sebagaimana dicontohkan dalam Injil hari ini. Yesus benar-benar menyatakan dan menampakkan diri, bahwa Dia adalah Allah yang penuh belaskasih. Dan itulah yang memang dirasakan oleh banyak orang, sehingga dalam peristiwa penyembuhan orang kusta itu, datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka.

Apakah kita termasuk orang-orang yang berbondong-bondong datang kepadaNya? Secara kasat mata tentunya tidak, tetapi tak dapat disangkal kita adalah orang-orang yang mempunyai Kristus. Sebab 'barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup' (1Yoh 5: 12). Itulah iman kepercayaan kita yang mengalahkan dunia ini. Kita hayati kehadiran Kristus Tuhan dalam hidup kita.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau datang ke tengah-tengah kami agar kami semua beroleh selamat. Namun Engkau tidak memaksakan kehendakMu, Engkau malahan mendengarkan permohonan dan kerinduan kami untuk mendapatkan belaskasihaMu. Semoga kami setia merindukan keselamatan yang berasal daripadaMu. Amin.

 

Contemplatio

'Aku mau, jadilah engkau tahir'. Yesus berkuasa atas kehidupan ini.

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017