Kamis Pekan Biasa III, 28 Januari 2021

Ibr 10: 19-25 + Mzm 24 + Mrk 4: 21-25

 

 

Lectio

Pada waktu itu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap. Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya."

 

Meditatio

Pada waktu itu Yesus berkata kepada mereka: 'orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian'. Orang pasti tahu kegunaan pelita. Demikian juga, 'tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap'. Misteri Kerajaan Allah akan dinyatakan waktu demi waktu, walau mungkin banyak orang akan mendengarkannya dalam aneka perumpamaan. Apalagi mengingat kehendak Allah menyelamatkan seluruh umatNya.

'Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya' (bdk Mat 25), tegas Yesus. Penegasan Yesus ini mengingatkan setiap orang dalam hidup bersama. Malahan seseorang harus mendahului berbuat baik. 'Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka' (Mat 7: 12), dan juga sebaliknya (lih Tb 4). Janganlah kita menuntut orang untuk diam, tetapi kita bicara sendiri.

 'Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!'. Permintaan amat mendasar disampaikan Yesus, agar setiap orang berani mendengarkan segala yang baik dan melaksanakannya.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengingatkan kami agar berani mendengarkan segala yang Engkau sampaikan, dan melaksanakannya. Sebab hanya dengan melakukan kehendakMu, kami menjadi saudara dan saudariMu, beroleh selamat dan merasakan sukacita.

Santo Tomas, doakanlah kami. Amin.

 

Contemplatio

'Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya'.

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016