Kamis setelah Penampakan, 7 Januari2021

1Yoh 4: 19-25 + Mzm 72 + Luk 4: 14-22

 

 

Lectio

Suatu hari dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu. Sementara itu Ia mengajar di rumah-rumah ibadat di situ dan semua orang memuji Dia. Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab. Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya." Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya.

 

Meditatio

'Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang'. Penyataan Yesus tentang diriNya. Dia memang tidak mengatakan Aku adalah Yesus kepada setiap orang yang dijumpaiNya, tetapi dalam pengajaranNya kali ini Dia benar-benar menyatakan tugas perutusanNya. Sebab sebagaimana namaNya 'Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka' (Mat 1).

Inilah yang disadari sungguh oleh ketiga orang Majus dari Timur, yang datang mempersembahkan kepadaNya, salah satunya adalah kemenyan, karena mereka tahu bahwa Raja yang baru lahir itu adalah Allah yang menjadi manusia. Dan semua yang dinubuatkan Yesaya, dan sekarang dikatakanNya sendiri sungguh-sungguh dilakukanNya, yakni bersamaNya 'orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik' (Mat 11).

Apakah kita pernah melihat Allah menyatakan diriNya kepada kita? Kita tidak melihatNya secara kasat mata, tetapi kita mengalamiNya kehadiranNya, dan bahkan Allah ada dalam kita. Allah mengasihi kita terlebih dahulu, layak dan pantaslah kalau kita mengasihi Dia, yang kita tampak-nyatakan dalam perhatian terhadap sesama. Allah adalah Kasih, dan 'barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya' (1Yoh 4).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau datang ke dunia hanya demi keselamatan kami umatMu. Engkau telah menciptakan kami semua, dan Engkau menghendaki agar kami selamat, dan tidak terbawa dalam arus kebinasaan. Semoga kami kedapatan setia sampai akhir hidup kami.  Amin.

 

Contemplatio

'Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang'.

 

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017