Minggu Pekan Biasa II, 17 Januari2021

1Sam 3: 3-10 + 1Kor 6: 13-20 + Yoh 1: 35-42

 

 

Lectio

Pada suatu hari Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya. Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!" Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus. Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu cari?" Kata mereka kepada-Nya: "Guru, di manakah Engkau tinggal?" Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Mereka pun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat. Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus. Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias." Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas."

 

Meditatio

Pada suatu hari Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya. Salah seorang dari kedua murid itu adalah Andreas. Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: 'lihatlah Anak domba Allah!'.  Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus. Kedua murid sepertinya mengerti apa makna Anak Domba Allah, sehingga langsung mengikutiNya.

Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: 'apakah yang kamu cari?'. Kata mereka kepada-Nya: 'Guru, di manakah Engkau tinggal?'. Mengapa mereka bertanya seperti itu? Sepertinya ada kemauan sungguh mereka untuk mengikutiNya. Ia berkata kepada mereka: 'marilah dan kamu akan melihatnya'. Mereka pun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat. Tinggal bersama Yesuslah mereka akhirnya. Mereka tidak perlu mendirikan tenda-tenda, karena Yesus sendiri menyiapkan tempat yang indah bagi mereka.

Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas. Ketika bertemu dengan Simon, saudaranya, Andreas berkata kepadanya: 'kami telah menemukan Mesias'. Andreas mampu berkata demikian, karena dia telah mengalami sesuatu yang indah dan membahagiakan. Andreas ingin berbagi kepada saudaranya. Andreas bahkan membawanya kepada Yesus.

Yesus memandang dia dan berkata: 'engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas'. Yesus melihat sesuatu yang special, yang tidak dikatakanNya itu kepada Andreas. Yesus mempunyai rencana tersendiri bagi setiap orang.

Ada banyak panggilan dengan pelbagai perbedaan persitiwa. Panggilan Samuel. Panggilan Saulus. Panggilan keempat murid sebagaimana diceritakan injil Markus. Kita tidak bisa memaksakan Yesus menggunakan cara sesuai dengan kemauan kita.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memanggil setiap orang dengan cara yang berbeda-beda. Ajarilah kami menikmati panggilanMu, dan tinggal bersamaMu seterusnya, agar kami pun pada akhirnya mengajak orang lain kepadaMu. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'apakah yang kamu cari?'. Inilah pertanyaan yang sering diajukan Yesus kepada kita.

Kedua, 'marilah dan kamu akan melihatnya'. Kata-kata yang sama juga sering disampaikan kepada kita.








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016