Pesta Betobatnya santo Paulus, 25 Januari 2021

Kis 9: 1-22 + Mzm 117 + Mrk 16: 15-18

 

 

Lectio

Setelah kebangkitanNya, Yesus berkata kepada para muridNya: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

 

Meditatio

'Tuhan, dari banyak orang telah kudengar tentang orang itu, betapa banyaknya kejahatan yang dilakukannya terhadap orang-orang kudus-Mu di Yerusalem. Dan ia datang ke mari dengan kuasa penuh dari imam-imam kepala untuk menangkap semua orang yang memanggil nama-Mu', kata Ananias menanggapi perintah Tuhan. Yang dikatakan Ananias itu benar, dan terselip ketidakmauan Ananias menjumpai Saulus.

'Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel. Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku', firman Tuhan Allah, menanggapi keluhan Ananias. Pikiran Tuhan mengatasi pikiran kita manusia. Kemauan Tuhan yang menghendaki keselamatan bagi seluruh umatNya; dan Dia mempercayai orang-orang yang dikehendakiNya.

Pertobatan Saulus memang mengundang perhatian banyak orang, sekaligus membuka wacana baru bagi setiap orang untuk berani mengutamakan kehendak Tuhan. Segala sesuatu terjadi dengan indahnya, bila memang Tuhan Allah menghendaki dan atau pun yang sesuai dengan kehendakNya..

'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk'. Kata-kata Yesus inilah yang akhirnya dikerjakan oleh rasul Paulus. Dia berkeliling ke luar dari Paelstina untuk mewartakan Injil Kerajaan Allah.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engaku memilih santo Paulus dengan cara yang mengagetkan, tapi itulah memang pertobatan yang harus dilalui oleh setiap orang yang untuk mendekatkan diri denganMu. Semoga pertobatan Paulus menyemangati kami dalam mendekatkan diri kepadaMu. Amin.

 

Contemplatio

'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk'.

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016