Sabtu Pekan Biasa I, 16 Januari 2021

Ibr 4: 12-16 + Mzm 19 + Mrk 2: 13-17

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka. Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia. Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: "Mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

 

Meditatio

Suatu hari Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka. Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: 'ikutlah Aku!'. Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia. Kembali Yesus memanggil orang-orang yang dikehendakiNya. Seperti Yakobus, Yohanes, Andreas dan Petrus, demikian juga Lewi tanpa banyak komentar langsung mengikuti Yesus. Kuasa Allah menatap mereka semua, sehingga tanpa kata mereka segera mengikuti sang Guru.

Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. Rumah Lewi yang dimaksudkan dalam teks ini. Ada pesta apa mereka itu? Atau Lewi mengadakan pesta perpisahan dengan para sahabatnya?

Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: 'mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?'. Benar juga pertanyaan kaum Farisi ini. Bukankah orang baik itu harus berteman dengan orang baik? (Mzm 1) Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: 'bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa'. Dan memang inilah tugas perutusan Yesus ke tengah-tengah umatNya. Dia tidak saja mampu mengampuni dosa umatNya, Dia juga menerima dan merangkul semua orang yang dikasihiNya.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menemani orang-orang yang mencari keselamatan surgawi. Engkau tidak segan-segan duduk makan bersama mereka. Engkau tahu siapa yang merindukan keselamatan. Semoga pendampinganMu semakin kami rasakan dalam keseharian hidup kami. Amin.

 

Contemplatio

Pertama, 'ikutlah Aku!'. Dia selalu mengajak dan mengajak kita.

Kedua, 'bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa'. Kita pun akan ditemaniNya.









Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016