Sabtu Pekan Biasa II, 23 Januari 2021


Ibr 9: 11-14 + Mzm 47 + Mrk 3: 20-21

 

 

Lectio

Pada suatu kali Yesus masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makan pun mereka tidak dapat. Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi.

 

Meditatio

Pada suatu kali Yesus masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makan pun mereka tidak dapat. Semua bisa terjadi, karena memang Yesus memberi hati kepada umatNya. Yesus penuh belaskasihan. Ini menjadi permenungan tersendiri bagi orang yang melakukan segala sesuatu berdasarkan kewajiban. Mereka melakukan segala sesuatu hanya berdasar kepastian hukum, tetapi tanpa belaskasih. Itulah yang disinyalir oleh calon Kapolri, bp. Sigit.

Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi. Siapakah keluarga yang dimaksudkannya? Apakah Yesus workolholic dalam pewartaan Injil? 'Jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup'(Ibr 9). Ini workolholic Yesus Tuhan. Apakah para murid juga sibuk seperti Yesus mengingat mereka juga menerima kuasa mengusir setan?

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau benar-benar memberi hati dan budi kepada orang-orang yang Engkau kasihi. Semoga kami pun merasakan belaskasihMu yang menyelamatkan itu dalam setiap karya pelayanan kami. Amin.

 

Contemplatio

'Betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup'.

 

 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016