Selasa setelah Penampakan, 5 Januari2021

1Yoh 4: 7-10 + Mzm 72 + Mrk 6: 34-44

 

 

Lectio

Suatu hari ketika Yesus sampai dipantai, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka. Pada waktu hari sudah mulai malam, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah mereka pergi, supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa dan di kampung-kampung di sekitar ini." Tetapi jawab-Nya: "Kamu harus memberi mereka makan!" Kata mereka kepada-Nya: "Jadi haruskah kami membeli roti seharga dua ratus dinar untuk memberi mereka makan?" Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!" Sesudah memeriksanya mereka berkata: "Lima roti dan dua ikan." Lalu Ia menyuruh orang-orang itu, supaya semua duduk berkelompok-kelompok di atas rumput hijau. Maka duduklah mereka berkelompok-kelompok, ada yang seratus, ada yang lima puluh orang. Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti dua belas bakul penuh, selain dari pada sisa-sisa ikan. Yang ikut makan roti itu ada lima ribu orang laki-laki.

 

Meditatio

'Kamu harus memberi mereka makan!', sahut Yesus ketika para murid mengusulkan agar Yesus menyuruh banyak oran itu pulang. 'Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah mereka pergi, supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa dan di kampung-kampung di sekitar ini'. Usulan yang baik sebenarnya, apalagi mengingat jumlah orang yang begitu banyak. Minimal ada lima ribu orang, kata mereka dalam hati.

'Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!', tegas Yesus kepada para muridNya. Yesus sepertinya mengetahui orang-orang yang membawa bekal makanan. 'Lima roti dan dua ikan', sahut mereka. Sepertinya mereka memberikannya juga kepada Yesus. Dan Yesus pun mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka. Bagaimana Yesus membagi-bagikannya kepada para murid tidak diceritakan dalam Injil hari ini. Kapan peristiwa pergandaan roti itu terjadi tidak diceritakan, tetapi tak dapat disangkal mereka semuanya makan sampai kenyang. Potongan-potongan roti yang terkumpul ada dua belas bakul penuh, selain dari pada sisa-sisa ikan.

Yesus menyatakan dan menampakkan diri sebagai Orang yang berkuasa dan mampu membuat segalanya baik adanya. Kebutuhan jasmani orang-orang yang mendengarkan pengajaranNya terpenuhi. Seorang Rajalah yang memang memperhatikan keperluan umatNya.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau menyatakan diri, menampakkan kemuliaanMu dengan memperhatikan orang-orang yang Engkau kasihi. Semoga kami pun semakin berani merasakan bahwa Engkau benar-benar memperhatikan kami dalam setiap langkah hidup ini. Amin.

 

Contemplatio

'Kamu harus memberi mereka makan!'.


 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016