Senin setelah Penampakan, 4 Januari 2021

1Yoh 3: 22-10 + Mzm 2 + Mat 4: 12-17.23-25

 

 

Lectio

Waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang." Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan.

 

Meditatio

'Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang'. Inilah nubuat yang disampaikan nabi Yesaya. Nubuat ini terpenuhi dengan kedatangan Yesus ke Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali. Yesus datang sebagai Terang yangmembongkar kegelapan hidup.

Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah. Reaksi umat pun amat positif.  Dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan. Yesus benar-benar menampakkan kemuliaanNya di tengah-tengah umatNya. Dia datang bukan hanya sebagai Raja orang Yahudi, tetapi Raja semua bangsa, karena memang Dialah sang Empunya kehidupan.

Kita pun adalah oranag-orang yang menyambut dan menerima kedatangan Terang, sebab kita mendengarkan dan menerimaNya ketika Dia memberitakan Injil Kerajaan Allah.  Kemauan kita mendapatkan sakramen baptis adalah wujudnya nyata bahwa kita adalah salah satu dari orang banyak yang berbondong-bondong mengikuti Dia. Tugas kita sekarang adalah menghayati panggilan kita sebagai orang-orang yang mengikuti Yesus, dan menghayati pemberitaanNya tentang Injil Kerajaan Allah, sebab 'barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia' (1Yoh 3).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mewartakan Injil Kerajaan Allah yang menyelamatkan. Kami adalah orang-orang yang datang berbondong-bondong datang kepadaMu untuk mendengarkan InjilMu itu. Semoga kami selalu setia mendengarkan pengajaranMu dan melakukannya dalam kehidupan kami sehari-hari. Amin.

 

Contemplatio

'Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia'.

 







Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Jumat Agung, Hari Kematian Tuhan Yesus Kristus, 14 April 2017