Minggu Prapaskah I, 21Februari 2021

Kej 9: 8-15 + 1Pet 3: 18-22 + Mrk 1: 12-15

 

 

Lectio

Suatu kali Roh memimpin Yesus ke padang gurun. Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia. Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"

 

Meditatio

Suatu kali Roh memimpin Yesus ke padang gurun. Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Yesus di padang gurun inilah yang menjadi konsep masa Prapaskah kita. Masa Prapaskah selama 40 hari, karena hendak mengikuti 40 hari Yesus di padang gurun. Sebagaimana Yesus dicobai iblis, demikian juga tantangan dan rintangan semakin kita rasakan bila kita menghayati masa Prapaskah ini. Tanpa penghayatan masa Prapaskan tantangan rantangan secara istimewa tidak akan kita rasakan. Sebagaimana Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia, demikian dalam masa Prapaskah ini ada pengalaman manis dan pahit.

Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: 'waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!'. Kehadiran Yesus adalah kehadiran Kerajaan Allah. Agar kita dapat menikmati kehadiranNya, baaiklah kalau kita bertobat dan percaya kepada Injil. Tidak ada cara lain, hanya pertobatan dan mendengarkan InjilNya yang kudus, kita akan menikmati kehadiran Allah, kehadiran Yesus sendiri.

Kita bukan saja orang-orang yang dicipta Tuhan sesuai dengan gambarNya (Kej 1), kita juga keturunan orang-orang yang diselamatkan dalam bahtera nabi Nuh. Lebih dari itu, kita pun adalah orang-orang yang diselamatkan berkat kebangkitan Yesus Kristus (1Pet 3), yang kita rasakan semenjak menerima sakramen baptis. Prapaskah mengajak kita, agar Kerajaan tidak saja sudah dekat, malahan meraja dalam hidup kita. Bertobat dan mendengarkan Injil adalah satu-satunya cara untuk menikmati KerajaanNya yang menyelamatkan.

 

Oratio

Yesus Kristus, semoga kami menikmati masa Prapaskah ini dengan semangat tobat, sehingga kami boleh merasakan kehadiranMu yang menyelamatkan itu. Bantulah kami selalu agar semakin siap memanggul salibMu dalam setiap langkah hidup kami. Amin.

 

Contemplatio

'Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!'.








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016